Sejarah Air Terjun Madakaripura


Sejarah Air Terjun Madakaripura | Air Terjun Madakaripura dikenal sebagai air terjun atau curug dalam bahasa sunda tempat pertapaan Patih Gajah Mada. Air Terjun Madakaripura Sendiri masih Berada dalam Pangawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Lokasi Madakaripura berada di 620 meter diatas permukaan laut di kawasan Tengger tidak jauh dari Wisata Gunung Bromo, tepatnya di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kab Probolinggo Jawa Timur Indonesia.

Nama Madakaripura konon terkait erat dengan sejarah panjang Kerajaan Majapahit. Dimasa jaya nya Hayam Wuruk & Gajah Mada berhasil menyatukan bumi nusantara yang membentang dari Wanin hingga Madagaskar.Gajah Mada yang lihai dalam strategi, diplomasi, dan perang, berhasil meruntuhkan kepercayaan raja-raja Nusantara di masa itu, sehingga mereka mau berucap janji setia dalam naungan Surya Majapahit

http://www.wisatabromotourmurah.com/2015/04/sejarah-air-terjun-madakaripura.html

Masih Tentang Sejarah Air terjun Madakaripura dipilih oleh Gajah Mada sebagai tempat bertapa karena keyakinan bahwa ini bukan tempat sembarangan. Dan terbukti, Gajah Mada memperoleh kesaktian & kepercayaan untuk mempersatukan tanah nusantara. Dan Gajah Mada juga menghabiskan sisa usia nya dan akhir nya muksa (meninggalkan dunia beserta raganya) menuju nirwana juga di Madakaripura.

Madakaripura berasal dari kata Mada Kari Pura yang memiliki arti sebagai “Tempat Tinggal Terakhir”. Nama ini disematkan dari kepercayaan masyarakat sekitar yang mengatakan disinilah Gajah Mada melewati masa akhir hidupnya. Seperti apa sepak terjang seorang patih dalam menyatukan Nusantara memang masih menjadi sebuah misteri karena bigitu sedikitnya literatur serta sumber yang membahas mengenai hal tersebut, Cerita ini didukung dengan adanya arca Gajah Mada di tempat parkir area tersebut, 

Itulah sedikit artikel tentang Sejarah Air Terjun Madakaripura untuk menuju keloasi ini Bisa dengan Rute Surabaya - Pasuruan dan Probolinggo dengan mengendarai mobil pribadi atau angkutan umum seperti Bus atu sejenisnya, jika sampai de rest area tongas dilanjutkan menuju kawasan Wisata dengan memakai Angkutan Umum Seperti Elf yang banyak melintas Jarak Antara Tongas menuju lokasi -+20 km, Sesampainya di pintu gerbang dan masuk ke area parkir perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki kurang lebih 1 km melewati jalan setapak yang sebagian sudah cor sebagian tidak karena hilang terbawa longsor, dan menyeberangi sungai.  Untuk menuju kesana sebaiknya menggunakan jasa pemandu, hal ini dikarenakan jalan menuju kesana cukup berat medannya.  Di tambah lagi dilokasi ini sering terjadi banjir dan longsor.  Para pemandu ini, umumnya penduduk lokal, banyak ditemui di area sekitar parkiran dan mereka biasanya langsung menawarkan diri, Ongkos pemandu sekitar Rp 150.000 sekali jalan.

Mendekati lokasi akan ditemui beberapa warung penjual makanan dan minuman serta penyewaan payung.  Bagi yang tidak ingin berbasah basahan akibat terkena siraman guyuran air dapat menyewa payung ini.

Harga Tiket Masuk dan Parkir Rp 3000 per orang.

Paket Tour Menarik :

Next
This is the most recent template.
Posting Lama